Muda dan Berprestasi, Pilmavet 2024 Jadi Ajang Intelektual Bagi Mahasiswa FKH Unud


Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Veteriner (Pilmavet) merupakan acara tahunan untuk menyeleksi mahasiswa berprestasi tingkat fakultas yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Udayana. Tujuan diadakannya Pilmavet adalah untuk memilih satu perwakilan, yakni Juara Pertama Pilmavet untuk mewakili FKH di ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat universitas. Tahun ini, Pilmavet mengusung tema “Navigating the Intersection of Sustainable Development Goals (SDGs) and the Fourth Industrial Revolution: Strategies for Global Progress” yang terbuka bagi seluruh mahasiswa S-1 FKH Unud. 

 

Rangkaian kegiatan Pilmavet 2024 diawali dengan pendaftaran peserta pada 3–10 Mei 2024. Sayangnya, akibat kurangnya minat mahasiswa, acara ini hanya berhasil mengumpulkan sembilan peserta. Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pengumpulan dan pengecekan berkas yang terdiri atas portofolio capaian unggulan, naskah gagasan kreatif, poster gagasan kreatif, video presentasi dalam bahasa Inggris, serta sejumlah berkas keterangan identitas mahasiswa pada 17 Mei 2024. Memasuki rangkaian seleksi, sesi wawancara dilaksanakan pada 19 Mei 2024 di Ruang Radialis, Gedung Dekanat FKH Unud, Jimbaran, dengan total delapan peserta karena satu peserta mengundurkan diri sebelum sesi wawancara. Penilaian sesi wawancara ini dilakukan oleh tiga juri yang merupakan dosen FKH Unud, yaitu Prof. Dr. drh. I Gusti Ngurah Kade Mahardika, Dr. drh. I Nengah Wandia, M.Si., dan drh. Romy Muhammad Dary Mufa, S.K.H., M.Si. 



Sebanyak lima peserta (Amira Inas Wibowo, Febriyan Muji Hartini, Audrey Magnolia Tionardy, Manuella Waya Salangka, dan Ladyva Pinke Andrea) berhasil lolos sebagai finalis. Setelah sesi wawancara berakhir, rangkaian acara puncak diselenggarakan dalam dua sesi yang berbeda, yakni sesi coaching dan sesi presentasi. Sesi coaching diikuti oleh seluruh finalis yang dilaksanakan pada 22 Mei 2024 secara daring melalui platform Google Meet. Sesi ini mengundang Juara Pertama Pilmapres Unud 2023, David Christopher Tjandra, dan Juara Pertama Pilmavet FKH Unud 2023, Ni Putu Amasya Chikita Rivanny, sebagai mentor.

Setelahnya, dilanjutkan dengan sesi presentasi pada 26 Mei 2024 secara luring di Ruang Praktikum 6, Gedung Dekanat FKH Unud, Kampus Jimbaran, di mana masing-masing finalis memaparkan ide-ide inovatif terkait tema yang diberikan melalui video, poster, dan powerpoint. Topik presentasi yang dibawakan setiap peserta sangat bervariasi, mulai dari games edukasi seputar animal welfare hingga alternatif pakan ayam. Setiap sesi presentasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bersama ketiga juri yang sama dengan juri saat sesi wawancara. 

 


Rangkaian kegiatan Pilmavet 2024 diakhiri dengan pengumuman juara. Juara Pertama berhasil diraih oleh Ladyva Pinke Andrea dengan topik “Pawcura”, disusul oleh Febriyan Muji Hartini sebagai Juara Kedua dengan topik “Analisis Penanganan African Swine Fever Virus”, dan Manuella Waya Salangka sebagai Juara Ketiga dengan topik “Pembuatan Antivenom Ular Berbisa Tinggi dari Plasma Darah”. Selamat kepada para juara dan seluruh peserta yang telah berjuang di Pilmavet 2024, sampai jumpa di Pilmavet 2025!

Penulis : Mia LPM SS