Tumbuhkan Minat PKM, Badan Eksekutif Mahasiswa FKH Unud adakan Sosialisasi PKM Tahun 2024.


Setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya, maka dari itu mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Udayana hadir melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk turut menyelesaikan permasalahan di lingkungan masyarakat.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKH Unud subbidang PKM kembali menyelenggarakan Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa pada Sabtu, 30 Maret 2024, secara daring melalui platform Cisco Webex Meeting yang diikuti oleh 216 mahasiswa FKH Unud sebagai peserta. Kegiatan sosialisasi ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan III FKH Unud, Dr. drh. I Wayan Sudira, M.Si., Ketua dan Wakil Ketua BEM FKH Unud, dosen pembimbing kegiatan Kuliah Kerja Veteriner (KKV) ke-36, dan tim reviewer PKM FKH Unud. Acara ini merupakan program lanjutan dari kegiatan KKV ke-36 yang diselenggarakan bulan Januari lalu.

 


Acara diawali dengan sambutan-sambutan yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi. Tahun ini, Sosialisasi PKM mengangkat tema “Mari Menjadi Agen Inovasi Kreatif Melalui Program Kreativitas Mahasiswa!” dengan menghadirkan sekretaris dari Udayana Student Creative Center (USCC) sekaligus dosen mata kuliah fisika dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unud, I Putu Tedy Indrayana, S.Pd., M.Sc., sebagai pembicara. Beliau menjelaskan tentang jenis-jenis PKM, skema pembuatan proposal, sistematika penulisan, serta tips dan trik membuat proposal yang kreatif dan berkualitas. Menurutnya, dalam pembuatan PKM yang berkualitas mahasiswa harus mampu menganut tiga moto, yaitu kreatif, inovatif, dan solutif. 










Acara dilanjutkan dengan pemberian tanggapan dari tim reviewer PKM oleh jajaran dosen FKH Unud, yakni Dr. drh. Ni Luh Eka Setiasih, S.K.H., M.Si., ??drh. I Wayan Wirata, S.K.H., M.Sc., drh. I Wayan Sukernayasa, S.K.H., M.Si., ??drh. Luh Made Sudimartini, M.Sc., dan drh. I Made Merdana, M.P. Mereka sama-sama menyetujui bahwa pemaparan sosialisasi kali ini sangat cocok untuk kebutuhan pembuatan proposal bagi para mahasiswa FKH Unud tahun ini. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi yang disambut antusias oleh para peserta. Pertanyaan yang diajukan peserta dijawab secara langsung oleh pembicara. Setelahnya, acara diakhiri dengan sesi dokumentasi.

Menurut Kepala subbidang PKM sekaligus Ketua Panitia Sosialisasi PKM FKH Unud, Weni Fahdatul Ilhami, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan peserta dalam pembuatan PKM. “Kegiatan Sosialisasi PKM Fakultas Kedokteran Hewan bertujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan yang cukup mengenai penyusunan proposal PKM yang baik dan benar, serta memberikan panduan praktis dalam melaksanakan PKM sehingga mahasiswa mampu berpikir kreatif dan inovatif, serta bersikap objektif dalam membangun keragaman intelektual,” ungkapnya.


Penulis : Mia LPM SS