Dosen FKH UNUD menjadi Fasilitator Pelatihan Investigasi Penyakit Pada Ternak Sapi Di UNDIKMA NTB

Pada hari sabtu tanggal 24 februari 2024, Fakultas kedokteran hewan universitas Pendidikan Mandalika mataram (UNDIKMA) mengadakan kegiatan Pelatihan penguatan Materi Pembelajaran Mahasiswa Kedokteran Hewan untuk Prevensi, Mitigasi, dan penanganan wabah penyakit ternak pada sektor peternakan sapi di Indonesia. Acara yang diselenggrakan di Fave Hotel Mataram ini dibuka secara resmi oleh wakil Rektor 1 Undikma yaitu Dra. Ni Ketut Alit Suarti, M.Pd . Acara ini berlangsung dari pukul 08:00 wita sampai 17:00 wita. Peserta yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 32 orang yang merupakan mahasiswa FKH UNDIKMA pada semester 8. Adapun fasilitator pada kegiatan ini adalah Dr. drh Kholik M.vet yang juga dekan FKH Undikma dan drh. I Wayan Sukernayasa, M.Si dari FKH UNUD, selain itu juga ada narasumber untuk materi Ishiknas yaitu drh. Muslih dari tim Ishiknas NTB.



Pelatihan ini selain diisi dengan teori, pre test dan post test juga diisi dengan praktek langsung di dalam kelas, seperti misalnya praktek pemakaian APD, serta praktek matrik scoring dalam melakukan penyidikan awal penyakit. Kegiatan pelatihan ini terselenggara atas Kerjasama antara Asosiasi Fakultas Kedokteran Hewan Indonesia (AFKHI) dan Indonesia Australia Red Meat and Cattle Parthership (IARMCP) juga merupakan donator utama dari kegiatan ini. Tujuan kegiatan ini untuk mahasiswa adalah agar kedepannya memiliki kemampuan dan sikap yang tanggap terhadap wabah di lingkungan kerjanya, sehingga wabah tersebut bisa cepat teratasi sebelum menyebar. Materi untuk pelatihan ini adalah antara lain penerapan one health, tahapan awal investigasi wabah, biosecurity dan pengambilan sampel serta Ishiknas. Oleh karena itu Fasilitator yang memberikan materi ini harus memiliki sertifikat TOT (training of trainer) dalam hal investigasi wabah. Menurut drh. I Wayan Sukernayasa, M.Si sebagai fasilitator dari kegiatan ini karena dirinya pernah mengikuti kegiatan TOT ivestigasi wabah penyakit ternak yang dilaksanakan oleh AFKHI di Yogyakarta dan juga sudah menjadi fasilitator untuk kegiatan pelatihan invesigasi wabah penyakit ternak untuk tenaga medik veteriner garis depan di Provinsi Bali dan NTB. “ saya diundang ke UNDIKMA oleh bapak dekan UNDIKMA (Dr. drh. Kholik, M.Vet) karena merupakan fasilitator pelatihan wabah penyakit pada sektor ternak sapi dari FKH Unud yang sudah memiliki sertifikat TOT dari AFKHI dan sudah menjadi fasilitator pada kegiatan pelatihan di Bali dan Lombok, dan kedepannya diharapkan ada kerjasama secara kelembagaan anatara FKH UNDIKMA dengan FKH UNUD” Ungkap dosen Reproduksi Veteriner tersebut

 


Acara pelatihan ini berlangsung sangat menarik karena mahasiswa yang hadir juga pernah memiliki pengalaman saat menangani wabah Penyakit Mulut Dan Kuku di Lombok. Pada acara tersebut Ibu wakil rektor 1 UNDIKA dan Bapak dekan FKH UNDIKMA memberikan ucapan terimakasih kepada drh. I Wayan Sukernayasa, M.Si karena sudah berkenan hadir sebagai fasilitator untuk berbagi ilmu dengan masiswa FKH UNDIKMA.