Visi dan Misi
Sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Unud No
698/UN14/PD/2018 tanggal 7 Juni 2018 tentang Rumusan Visi, Misi, dan Tujuan FKH
Unud, Visi FKH Unud adalah “Terwujudnya Fakultas Kedokteran Hewan yang mampu
menghasilkan lulusan yang berkemampuan Profesional dibidang Kedokteran Hewan
dilandasi etika dan budaya” misi pendidikan
tinggi di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana dirumuskan sebagai
berikut:
1. Menyelenggarakan
pendidikan akademik dan profesi kedokteran hewan yang bermutu.
2. Menyelenggarakan
penelitian yang inovatif dan berkualitas tinggi dalam bidang kedokteran hewan
untuk menunjang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknolonggi, pendidikan, dan
pengabdian kepada masyarakat
3. Menyelenggarakan
pengabdian kepada masyarakat dalam ilmu dan profesi kedokteran hewan yang
bermuara pada kesejahteraan masyarakat.
4. Menjalin
kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak terkait baik dalam dan luar
negeri untuk peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan dan
pengabdian kepada masyarakat.
5. Mengembangkan
dan menetapkan tata kelola yang tranparan, praktis, efisien dan akuntabel
bebasis pada teknologi informasi.
Tujuan Dan Sasaran
1. Menghasilkan lulusan sarjana
kedokteran hewan dan dokter hewan bermutu yang memiliki kompetensi tinggi dalam
penguasaan Ilmu Pengetahuan (Science),
Teknologi dan Seni (Ipteks);
2.
Meningkatkan
jumlah dan mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan perkembangan
Ipteks untuk kepentingan masyarakat,
bangsa dan dunia;
3.
Mewujudkan
kehidupan masyarakat akademis yang kondusif, berkualitas, mandiri, dan berjiwa
kewirausahaan melalui sistem manajemen pendidikan yang bermutu, transparan,
akuntabel, dan demokratis;
4.
Menjalin
kerjasama diberbagai bidang untuk meningkatkan mutu Tri Dharma Perguruan
Tinggi.
Sasaran strategis yang disusun FKH Unud mengacu pada Tujuan Strategis Renstra 2020-2024, sebagaimana tertuang dalam Renstra Unud yaitu:
Tujuan Strategis |
|
Sasaran Strategis |
1.
Menghasilkan
lulusan bermutu yang memiliki kompetensi tinggi dalam penguasaan iptek. |
1.1 |
Terwujudnya
sistem penerimaan mahasiswa baru berbasis kemampuan akademis, keberagaman,
kemandirian, dan inklusif. |
1.2 |
Terwujudnya proses pembelajaran yang
bermutu, relevan, dan berdaya saing nasional dan internasional lintas disiplin. |
|
1.3 |
Terwujudnya
program studi bertaraf internasional (internasionalisasi). |
|
1.4 |
Terwujudnya jiwa
kewirausahaan dan inovasi mahasiswa dan lulusan. |
|
1.5 |
Tersedianya
sarana prasarana pendidikan tinggi yang memadai,
berkualitas, dan memfasilitasi yang berkebutuhan khusus yang merata di semua
unit kerja untuk mendukung penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi yang
bermutu dan berdaya saing internasional. |
|
1.6 |
Tersedianya
sistem teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang efektif untuk layanan
akademik, keuangan, SDM, dan sarana-prasarana lainnya. |
|
2.
Meningkatkan
kapasitas perguruan tinggi (FKH) dalam memberikan akses pelayanan
pendidikan kepada masyarakat. |
2.1 |
Terealisasinya
peningkatkan daya tampung program studi |
2.2 |
Terwujudnya
program studi yang relevan dan adaptif terhadap kebutuhan industri. |
|
2.3 |
Terwujudnya
program sarjana, profesi, dan magister
dibidang Kedokteran Hewan yang relevan, mandiri, berkualitas, dan memiliki
daya tarik |
|
2.4 |
Terwujudnya
pemanfaatan fasilitas yang terintegrasi dalam rangka optimalisasi pelayanan. |
|
3.
Mengembangkan perguruan
tinggi (FKH) yang sehat melalui
optimalisasi peran organ-organ organisasi tata kelola sesuai dengan prinsip
BLU. |
3.1 |
Terwujudnya
kemampuan organisasi dan kepemimpinan institusi selaras dengan
prinsip-prinsip tata kelola pendidikan tinggi yang baik sesuai dengan prinsip
penjaminan mutu dan BLU. |
3.2 |
Terwujudnya etos
kerja yang profesional, berkualitas, dan melayani |
|
3.3 |
Tersedianya
pendanaan alternatif untuk mendukung pembiayaan kegiatan perguruan tinggi. |
|
3.4 |
Terintegrasinya
sistem informasi dan pangkalan data secara handal untuk mendukung
penyelenggaraan layanan prima. |
|
4.
Mengembangkan kerja
sama di berbagai bidang untuk meningkatkan mutu tridharma perguruan tinggi di FKH Unud. |
4.1 |
Terjalinnya
kerjasama di berbagai bidang dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun di
luar negeri, untuk meningkatkan kerja sama strategis dalam rangka akselerasi
pengembangan pendidikan, hasil penelitian, hasil inovasi ilmu pengetahuan,
teknologi, dan kebudayaan. |
4.2 |
Terwujudnya badan
pengelola usaha yang profesional, mandiri, dan produktif untuk mendukung
pertumbuhan aset dan kinerja unit-unit bisnis. |
|
4.3 |
Menjadi mitra
strategis pemerintah, masyarakat, dan industri dalam upaya meningkatkan produktivitas
dan kesejahteraan masyarakat |
|
5.
Menghasilkan
penelitian yang bermutu, relevan dan berdaya saing sesuai dengan perkembangan
iptek, menghasilkan publikasi ilmiah nasional, internasional dan paten untuk
kepentingan masyarakat. |
5.1 |
Terwujudnya penelitian
dan publikasi yang inovatif berbasis kearifan lokal yang berdampak kuat pada
perkembangan iptek untuk kepentingan bangsa, negara, dan kemanusiaan. |
5.2 |
Terwujudnya Teaching
Industry dalam rangka peningkatan kompetensi lulusan. |
|
5.3 |
Terwujudnya
program inkubator bisnis dan unit bisnis lainnya sebagai upaya hilirisasi
hasil-hasil riset yang siap dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan income
generating. |
|
5.4 |
Terwujudnya
pusat-pusat unggulan iptek (PUI) di FKH. |
|
5.5 |
Terwujudnya FKH
Unud sebagai wahana penerapan iptek bagi masyarakat luas. |
UNIVERSITAS UDAYANA